Komentar Terbaru

Blog Archive

07 September 2008

Untuk sekedar mengingatkan dan menjadi catatan saya agar tidak lupa, berikut adalah pengalaman saya mensetting email CBN di PDA O2 Zinc menggunakan operator Indosat Matrix. Waktu itu datang seseorang meminta tolong saya untuk bisa mensetting email CBN di PDAnya. Dia menceritakan bahwasannya dia tidak bisa mengirim email keluar sementara untuk bisa menerima email tidak ada masalah.

Sebenarnya saya sendiri sebelumnya belum pernah mensetting email CBN di PDA. Yang sudah saya coba selama ini antara lain setting email Yahoo, Gmail, Hotmail dan email kantor sendiri tentunya. Jadi ini merupakan pengalaman pertama saya untuk mencoba mensetting email CBN di PDA karena tentunya diperlukan alamat email CBN untuk bisa mencobanya.

Sebelum nyang punya PDA ini menemui saya, dia sudah mengunjungi Gerai Indosat terlebih dahulu untuk menanyakan tentang keluhannya ini, dan disana dikatakan jaringannya normal-normal saja dan tidak ada masalah. Dan jika dia menyimpulkan masalahnya terdapat di CBN, kenapa di komputernya dia bisa melakukan Send and Receive tanpa masalah? Apakah masalahnya dari Handsetnya? Mari kita lihat...!! Saya pun mulai mengotak atik PDA tersebut termasuk mensetting ulang. Untuk outgoingnya berhubung menggunakan operator Indosat Matrix maka yang digunakan adalah smtp.indosat.net.id. Tetapi setelah dicoba-coba tetap saja tidak bisa mengirim email. Setelah sekian lama mengotak-atik, akhirnya ketemu juga pangkal masalahannya. Settingan “Outgoing server requires authentication” ternyata harus dihilangkan tanda centangnya. Dan setelah dihilangkan tanda centangnya, maka email pun bisa kirim dan terima di PDA tanpa masalah.

0 komentar:

Copyright © Shadut Blog | Powered by Blogger
| Blogger Theme by NewBloggerThemes.com