Komentar Terbaru

Blog Archive

08 June 2007

Berinternet di PDA tentu sangat menggembirakan, terutama bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi. Sebagai contoh dapat kita gambarkan jika didalam perjalanan kita membutuhkan koneksi ke internet, maka anda bisa melakukannya dengan menggunakan PDA melalui koneksi GPRS. Tapi terkadang kita tidak merasa puas dengan terbatasnya tampilan yang tersedia di PDA yang cenderung kecil. Terkadang anda berpikir, apakah bisa koneksi GPRS di PDA tersebut bisa disharing ke Laptop ataupun ke PC? Dengan kata lain PDA tersebut dijadikan modem? Sehingga kita dapat leluasa berinternet di Laptop dengan koneksi GPRS. Untuk itulah di PDA O2 tersedia fasilitas Wireless Modem. Fasilitas ini memungkinkan PDA anda dijadikan modem dengan mengunakan koneksi GPRS.

Baiklah, langkah pertama untuk menjadikan PDA anda sebagai modem tentunya anda harus mempunyai Simcard yang sudah aktif GPRSnya dan mensetting GPRS di PDA anda. Cara mensetting GPRS di PDA anda sendiri, dapat dilihat disini. Langkah berikutnya, anda harus menonaktifkan koneksi ActiveSync di Laptop/PC anda. Caranya, masuk program ActiveSync di Laptop / PC anda, pilih file --> Connection Settings --> hilangkan tanda centang pada menu “Allow USB connections” dan “Allow connections to one of the following”, lalu tutup program ActiveSync anda. Setelah itu kita beralih pada PDA anda, klik menu Start --> Program --> Wireless Modem. Pada pilihan Connection type pilih USB, kemudian klik Start.

Selanjutnya hubungkan kabel data dari Laptop ke PDA anda, dan laptop akan mendeteksi PDA anda sebagai modem, setelah itu laptop/PC akan meminta anda menginstall driver modem tersebut. Anda bisa mendapatkan driver modem tersebut pada CD yang terdapat pada paket penjualan PDA anda, atau jika CDnya hilang anda bisa mencari di internet ( Search Engine ) dengan kata kunci "USB Modem Dialer". Sebagai catatan, jangan menghubungkan kabel data anda ke PDA sebelum mengklik Start pada Wireless Modem karena Laptop/PC anda tidak akan mendeteksi modem PDA anda.

Setelah instalasi driver modem selesai di Laptop/PC anda, selanjutnya kita akan membuat koneksi dialer di Laptop/PC anda. Berikut langkahnya :
1. Klik Start --> Setting --> Control Panel --> Network Connections
2. Pilih Create a new connection --> Next
3. Network Connection Type --> pilih “Connect to the Internet” --> Next
4. Getting ready --> pilih “Set up the connection manualy” --> Next
5. Internet Connection --> Connect using dial up modem --> Next
6. ISP Name --> Isi dengan Access Point Name ( APN ) operator anda
7. Phone Number --> isi dengan *99# lalu Next
8. Pada Internet Account Information, Username dan Password isi dengan Username dan Password koneksi GPRS operator anda. Paramater dari APN, Username dan Password dari operator yang ada di Indonesia, bisa anda lihat disini.
9. Hilangkan tanda centang “Make this default Internet Connection” jika anda tidak menginginginkan koneksi yang sedang anda bikin ini menjadi koneksi default di komputer anda. ( Recommended )
10. Next dan Klik Finish

Setelah itu anda tinggal melakukan dial-up menggunakan koneksi yang baru ana bikin di Laptop / PC anda untuk mengakses internet.


44 komentar:

Anonymous said...

bagaimana cara mendapatkan driver Modem O2 Atom Exec//....

shadut said...

anda bisa dapatkan di cd bawaannya atau bisa coba cari di link https://forums.microsoft.com/windowsmobile/default.aspx?siteid=65

Anonymous said...

Tolong yang jelas mas utk carinya, saya cari kok nggak ketemu ya ?

nail said...

Halo mas, punya pengalaman pake O2 Graphite jadi modem gak? Saya konek internet pake O2 Graphite selalu gagal tuh (belum sampe register IP ke internet network), padahal setting GPRS udah yakin benar karena pernah dicoba pake handset lain.

Anonymous said...

Pada prinsipnya sih langkah / caranya sama seperti halnya pada atom ataupun xda, hanya saja mungkin drivernya saja yang berbeda.

Anonymous said...

aq juga mo minta tolong..
bisa gak anda ngasih driver modem atom exec..
coz aq butuh banget niy..
aq nyoba driver modem bawaan dari cd tapi tetep gak mau, fyi aq pake windows vista home premium..
makasih banyak ya yang mo nolongin..

Anonymous said...

mohon maaf sekali, hingga saat ini saya belum mempunyai driver untuk versi windows vista.

Anonymous said...

bro, O2 Graphite punya cd drivernya tak? yang punya cd ori bawaannya imel gw, gw beli or tolong copy-in, gw ganti ongkosnya+ongkir.. please.. butuh bangt ni.. ato DL dimana yak?info linknya...

wassandwass@yahoo.com

thanks

Anonymous said...

mas saya mw tanya, knapa kok waktu saya konek O2 atom ke PC ga dikenali ya?
padahal saya udah start aplikasi modem link sebelum konek ke PC, saya juga udah disable USB connections di ActiveSync..


thanks b4..

Anonymous said...

driver o2 grapith..? tar ta' cari dulu ya .., ada ga ya..?

Anonymous said...

maksudnya ga dikenali gimana? apa ga detect sama sekali apa gimana?

gus1968 said...

Apa kabar shadut? Sudah ketemu versi full Agile Messengernya?

Blog kamu punya bagus!

Salam dari temen2 di http://allaboutpda.wordpress.com

Anonymous said...

Terima kasih mas gus sudah berkunjung, alhamdulillah kabar baik. salam juga buat temen2 di http://allaboutpda.wordpress.com

Anonymous said...

wew makasi neh info cara gunain modem wireless o2 nya..
maklum gw newbie n kemaren nyoba2 gitu tapi ga bisa2 huhuhu

shadut said...

drivernya sudah terpasang blom..? unitnya apa..?

Unknown said...

Mas, saya pake O2 atom dan windows XP. Sdh diinstall modem drivernya, new connection juga sdh tapi kenapa ngk bisa dial yah? Selalu dapatnya there was a hardware failure in the modem or other connecting device). Padahal waktu modem di diagnostic, querynya okie aja.
Minta tolong bantuannya yah Mas kalau tahu. Thanks.
- Eric

Anonymous said...

Klo membaca errornya, kemungkinan modemnya belum terdeteksi dengan benar, coba install drivernya kembali. langkahnya, di pdanya masuk menu program - modem link, trus aktifkan / activated. setelah itu baru colok kabel usbnya, biasanya komputer akan langsung mendetek modemnya dan minta driver. lalu install drivernya yang ada terdapat pada CD bawaan, setelah terinstall, lanjutkan ke step berikutnya yakni membuat dial-up modem di komputer.

Anonymous said...

mas saya mau tanya, standar pemakaian baterai O2 atom exec normal berapa hari/jam ?

saya charges tp % nya tidak full 100% mungkin 95-97% padahal saya coba charge selama 6 jam ?

apakah baterainya bermasalah ? klo iya brp hrga baterainya?

thanks berat

Anonymous said...

kemungkinan masalah dari batre, standar normalnya kira-kira 1 1/2 hari. klo untuk harganya saya kurang tau, mungkin bisa tanya-tanya di toko2 pda di roxy mas

Unknown said...

Mas, sdh dicoba reinstall drivernya, tetap tidak bisa. Di query sih okie aja. Kalau O2 atom, saya upgrade pake Windows Mobile 6.0 bermasalah ngk yah? Thanks - Eric

Unknown said...

Mas, sdh aku download driver dari website anda. Terus saya reinstall drivernya. Pada waktu saya coba, semua nya okie, verying username and password, terus registering your computer on the network. Nah tdk lama keluar error 734: The PPP link control protocol was terminated. Bisa minta tolong mas, di mana nih salahnya? Thanks - Eric

Anonymous said...

Biasanya activesync di komputernya blom di non activekan. coba di non aktifkan dulu

Unknown said...

Mas, saya ngk install activesync. Apa activesyncnya harus diinstall? Tolong ya.. habis ngk bisa-bisa.. :(
Thanks - Eric

Anonymous said...

di install dulu activesyncnya...

DARMA081287315028 said...

Untuk connect ke PC sy pakai Internet Sharing di PDA,kemudian di Control Panel saya gunakan Network Setup Wizard, automatis PDA kita bisa dipakai ramai2 untuk berinternet Ria dari semua PC asal ada konksinya

shadut said...

betul pak darma, bisa pake internet sharing juga, tp tidak perlu pake network setup wizard, begitu colok biasanya bisa langsung digunakan

Eri said...

Sorry nih Mas Darma dan Mas Shadut, di O2 Atom memang ada internet sharing? Saya cari ngk ada tuh. Ters pertanyaan aku yg kedua, bisa pake bluetooth di O2 atom untuk connect PC ke internet melalui O2 Atom? Kebetulan ada telkomsel flash tapi ngk bisa connect2 PC nya. Minta tolong yah? Thanks.

shadut said...

internet sharing hanya ada di windows mobile 6, klo di windows mobile 5 blum ada internet sharing. sync menggunakan bluetooth sudah saya coba tetapi untuk koneksi internetnya belum pernah saya coba.

DARMA081287315028 said...

Ada mas IS ada di WM5 , coba aja dibuka2 lagi menu di Stealth, oya stealth saya udah pakai WM 6.5, canggih banget, maen facebook persis kayak maen di HTC, minat bs kontak saya, dijamin aman, Cock saya upgrade via SETUP dari PC jd PDA dijamin aman

DARMA081287315028 said...

kalau IS tidak ada coba didonlod dr beberapa vendor software gratisan

shadut said...

setahu saya di WM5 itu adanya Modem Link, trus di WM6 Internet Sharing, ada pula yang dipasang kedua-duanya Modem Link dan Internet Sharing seperti di PDA Imate, sementara di WM 2003 bisannya namanya Wireless Modem

Anonymous said...

o2 mini saya mati total.gara2 hard reset trus hard reset blm slese batrei kbru gw cabut..bs bantuin gw g..beking62@yahoo.co.id

Anonymous said...

o2 mini saya mati total.gara2 hard reset trus hard reset blm slese batrei kbru gw cabut..ada yag punya solusi g.????bs bantuin gw g.tolong banget,,mumpung bulan pwasa bantuin orang pahalanya gede lo.balas di sini ya beking62@yahoo.co.id

shadut said...

hard reset o2 mini cuma sebentar, paling cuma 2 detik, cuma tekan tombol power sama reset langsung hard reset, selebihnya adalah loading extroom, dan bila batre dicabut dalam posisi loading, biasanya tidak ada masalah apalagi samapi mati total. kemungkinannya adalah tutup batre kendor, karena tutp batre o2 mini ada pengait untuk switch power on/off. jika switchnya tidak ketekan maka PDA tidak akan bisa hidup.

Unknown said...

Kenapa setiap saya connect dgn wireless modem O2 XDA II selalu gagal ya...? Setiap dial up kmd sampe ke registrating tiba2 usb modem restart dan conection failed. Kira2 apa penyebabnya ya...? padahal sebelumnya saya sdh pake tidak ada masalah..

shadut said...

dicoba dulu koneksi internetnya di PDAnya, bisa jalan ga..?

Unknown said...

Koneksi internet di PDA nya jalan mas..nggak ada masalah,cuma kalo dial pake modem driver selalu gagal di akhir prosesnya, sepertinya username ato passwordnya salah shd proses authentikasinya gagal n modem terputus. Pada hal user name n password sudah bener.

shadut said...

mungkin aa aplikasi yang bentrok atau crash, udah coba di format..?

smart computer said...

Nama saya Lukie, mau tanya apakah setelah Hard Reset semua aplikasi akan hilang? apakah Windows dan Opera Mobile juga akan hilang? apa saja yang akan hilang dan tolong solusinya setelah hard reset itu gimana?

Anonymous said...

Nama Saya lukie, saya mau tanya?saya sdh melakukan hardreset dan timbul image utility n sudh ikuti caranya. setelah itu ada pesan format disk2 n tiba-tiba ada pesan reboot gitu. kenapa yach? apakah gagal formatnya?

shadut said...

klo udah ada tulisan Format Dsk, tandanya sudah terformat/hard reset PDAnya.., biasanya data-data yang ada didalam PDA akan hilang setelah di hard reset

Anonymous said...

mas bisa bantuin nyari driver O2 xda Zinc, saya nyari kog ga bisa-bisa..tolong ya mas buat update nich..

INTERNAZIONALE MILAN said...

saya mau membeli baterai dan charger o2 atom pure dimana?

Shadut said...

coba tanya di astech, dulu service centernya, sekarang dia megang htc service center...

Copyright © Shadut Blog | Powered by Blogger
| Blogger Theme by NewBloggerThemes.com