Komentar Terbaru

Blog Archive

17 September 2007

Seseorang bernama Mas Anton yang katanya dari Papua meninggalkan pesan di shout box blog saya yang menginginkan saya mengulas tentang Telkomsel Flash di O2 Atom Life. Saya sendiri sempat bingung, karena saya baru kali ini dengar istilah tersebut. Saya terus bertanya-tanya dalam hati apa sih Telkomsel Flash itu...!!??

Penasaran dengan hal ini, saya coba-coba tanya kepada Mbah Google. Dan setelah keluar beberapa link dalam kolom pencarian, selanjutnya saya membuka link-link tersebut, dan yang saya buka pertama adalah link yang mengarah ke websitenya Telkomsel. Hasil dari baca-baca postingan beberapa link tersebut, saya mulai dapat memahami apa itu Telkomsel Flash. Telkomsel Flash sendiri adalah layanan koneksi data wireless berbasiskan teknologi HSDPA dari Telkomsel sebagai salah satu operator GSM di Indonesia. Sebenarnya layanan serupa pun telah dikeluarkan operator lainnya seperti dari Excelcomindo dan dari Indosat. Dari semuanya yang ada, kesemuanya masih dalam tahap pengembangan terutama yang berkaitan dengan masalah coverage atau jangkauan layanan.

Untuk settingan di O2 Atom Life sendiri, dalam menggunakan fasilitas HSDPA menggunakan Telkomsel Flash seperti yang ditanyakan Mas Anton, anda tinggal mengkonfigurasi GPRSnya saja dengan menggunakan O2 Autoconfig, pilih operator Telkomsel. Kemudian lakukan sedikit perubahan APNnya. Masuk menu Start -> Settings -> Connections -> Connections -> Manage Existing Connections. Pada Tag Modem, pastikan tanda Cek pada Telkomsel GPRS WEB. Kemudian pilih Edit.

• Enter a name for the connections : Telkomsel GPRS WEB, Select a modem : Cellular Line ( GPRS ) -> Next
• Access Point Name : flash -> Next
• User Name : kosongkan, Password : kosongkan, Domain : kosongkan
• Finish

Setelah itu anda tinggal mencobanya menggunakan internet. Apabila handset anda menangkap sinyal HSDPA, maka otomatis jika anda mau menggunakan koneksi data wireless, maka yang akan digunakan adalah koneksi melalui jalur HSDPA. Kalau tidak, maka yang akan digunakan adalah jalur GPRS/3G.

7 komentar:

Anonymous said...

thanks atas infonya. tapi bagaimana kalau kita ingin internet lewat laptop?. sdh saya coba melaui internet sharing, tetapi cuma bisa konek dari pda. kalau dari laptop kita diminta untuk konek kembali. mohon bantuannya, thanks

shadut said...

Apa anda sudah mencoba cara yang ada di artikel Internet sharing di link http://shadut.blogspot.com/2007/06/internet-sharing.html

Anonymous said...

sdh dicoba, tetapi hanya dapat browsing di pda. kalau di laptop diminta untuk dial up kembali. apa ada yg perlu disetting di laptop? soalnya pda tdk dikenal sebagai modem di laptop. sdh dicoba melalui add hardware dengan manual setting, tetapi gagal, termasuk driver dari cd usbmodem.inf tdk dpt diinstal.

shadut said...

itu bisa berarti modem pda anda belum dikenali oleh laptopnya. pastikan OS Laptop min. Microsoft XP SP2, kemudian pastikan USB setting di PDA pada pilihan RNDIS mode. Start -> setting -> Connections -> USB Setting

Anonymous said...

Pak saya mau seting GPRS di O2 STEALTH, gmana caranya Pak?
dan bagaimana caranya menulis message SMS dgn menggunakan Ezi text

Tx

Anonymous said...

Untuk GPRS, gunakan menu O2 Auto Config. Untuk Ezitext, PDAnya harus menggunakan ROM versi 1208. Setelah mengaktifkannya, tekan tombol * agak lama kemudian pilih Multi Tap.

auLia said...

nice information ;))

Copyright © Shadut Blog | Powered by Blogger
| Blogger Theme by NewBloggerThemes.com