Komentar Terbaru

Blog Archive

13 June 2007

Di PDA O2 untuk type-type tertentu terutama type O2 yang baru, ada fasilitas yang namanya Internet Sharing. Fasilitas ini dapat anda temukan antara lain di O2 Stealth, O2 Zinc, Atom Life, dan O2 Flame. Sebenarnya apa kegunaan dari Internet Sharing ini?

Internet Sharing sebenarnya sama fungsinya dengan Wireless Modem yang terdapat di PDA O2 lainnya semisal XDA IImini, XDA II ataupun yang lainnya, yaitu menjadikan PDA O2 menjadi modem dengan koneksi GPRS. Hanya saja, Internet Sharing ini penggunaannya dipermudah, tidak seperti fasilitas Wireless Modem yang harus membuat dialer modem terlebih dahulu.

Untuk bisa menggunakannya, berikut adalah langkah-langkahnya. Cara dibawah ini menggunakan kabel data ( USB Cable ) untuk koneksi ke Laptop / PC. Anda dapat pula menggunakan bluetooth sebagai media koneksi ke Laptop / PC anda.

1. Non aktifkan koneksi ActiveSync di Laptop / PC anda.
2. Lakukan Auto Config GPRS di PDA anda, sesuaikan dengan kartu yang sedang dipakai.
3. Setelah itu, colok USB Cable komputer ke PDA anda.
4. Di PDA anda, pilih start --> program --> Internet Sharing
5. PC Connection --> USB
6. Network Connection --> settingan gprs anda, misalkan satelindogprs untuk satelindo
7. Setelah itu klik " Connect ", dan PDA otomatis akan koneksi GPRS.
8. Apabila sudak terkoneksi, anda sudah bisa menggunakan internet di browser Laptop / PC anda.
9. Apabila Laptop / PC anda meminta driver modem, anda bisa installkan drivernya dari CD bawaan unit PDA anda.
10. Selamat mencoba

28 komentar:

Anonymous said...

pda saya atom life, windows mobile6.sdh saya coba cara di atas tetapi tdk dpt browsing dari komputer. di Network connection pd komputer sdh muncul icon koneksi windwos mobile-based internet sharing dan tertulis connected, firewalled. tetapi bila browsing dari komputer an error.apa ada yg perlu disetting di browsernya? thanks atas bantuannya

Anonymous said...

Apa sebelumnya anda pake proxy server? di IE masuk Tools -> Internet Options -> Connectionn -> LAN Setting -> Kasi tanda cek pada Automatically detect setting, dan Uncheck pada Proxy Server. Setelah itu tinggal dicoba lagi

Anonymous said...

Sy sdh cb cara tersebut di atas tetapi masih gagal, messege di pdanya "Check USB cable connetion" knp ya..padahal kalo di O2 stealthnya lancar2nya browsing...mhn solusinya, apa yg harus saya set di komputer saya...
thanks

Anonymous said...

Sayang skali mas Bono tidak menyebutkan type PDAnya, cek settingan koneksinya, pastikan pada pilihan RNDIS mode.

Anonymous said...

PDA saya Atom Life dan laptop saya menggunakan windows vista. Terima kasih Mas, sudah berhasil digunakan untuk telkomsel flash berkat tutorialnya.
Btw, saya ingin bertanya PDA saya sudah diganti ROMnya dengan WM6, tapi sekarang ada problem, memori yang terbaca sama system hanya 48mb.
padahal kalaw dilihat dari CPU profile 64mb.
jadi saya bingung kemana 20 mb lagi.
mohon bantuannya mas, kalaw ada solusi.
terima kasih sebelumnya

Anonymous said...

Saya kurang mengetahui penyebabnya, tetapi stelah saya lihat dengan unit yang sama (atom life), memang seperti itu. dengan demikian jika dilihat dari sisi kapasitas memeori, bisa dikatakan unit anda tidak mengalami prob

Anonymous said...

Mas Shadut yang budiman,
terima kasih untuk responnya.
kembali saya ingin bertanya mengenai internet sharing.
sekarang saya sudah beralih dari speedy ke flash, dengan alasan mobilitas.
saya ingin bertanya mengenai bandwith. saya coba cek menggunakan bandwith meter di telkomsel flash dapetnya cuman 96kbps.
apakahsaya salah setel ataw mang paling tinggi segitu yah mas?
gak dapat janji 3,6mbps ntu?

gimana pengalaman mas?
saya menggunakan atom life WM6 dengan kabel data usb standard yang terhubung ke windows vista.

terima kasih sebelumnya.

Anonymous said...

Mas Shadut,
Saya juga menggunakan Atom Life Pure dengan windows Vista. Semua cara di atas sudah saya lakukan Mas, tetapi keukeuh tidak bisa tersambung internet. Network access tertulis local only. Saya menggunakan Proxl dan bisa connect internet di PDA. Makasih atas tulisannya.
Salam,
Ape

Anonymous said...

Akhirnya ketemu solusinya....
IP LAN harus diset otomatis, atau bisa juga local connectionnya di-disabled gitu. BTW trims buat info2nya,
Salam,
Ape

Anonymous said...

@Mas Fery : Banyak faktor yang menentukan kecepatan transfer, mungkin ketidakstabilan koneksi HSDPA juga bisa dimungkinkan, karena jika koneksi HSDPA terputus maka koneksi yang dipakai akan beralih ke 3G bahkan mungkin ke GPRS. Dalam kondisi tertentu HSDPA secara teoritis memang bisa mencapai kecepatan transfer data hingga 3MBps

@Mas Fery & Ape \: Mohon maaf saya agak terlambat untuk follow up karena saya sendiri sekarang jarang onlen..:)

DSP said...

Mas Shadut,
Terima kasih banyak atas sharing ilmunya. Saya baru beli Atom Life dan artikel tentang Internet Sharing ini sangat amat membantu. Bahkan sekarang saya posting ini dengan Laptop dan koneksi Internet Sharing dari Atom Life saya. Sekali lagi, terima kasih...

Btw, saya ingin bertanya tentang HSDPA. Katanya koneksi HSDPA lebih cepat sampai 7 kali dari 3G biasa.
Tadinya saya pakai Sony Ericsson M600i yang cuma 3G dan sekarang pakai Atom Life yang sudah 3,5G. tapi saya merasa kecepatannya sama saja. Apakah perlu ada pengaturan khusus untuk memaksimalkan 3,5G ini?

Terima kasih banyak.

Anonymous said...

@Dsp: Mungkin pertanyaan dari anda hampir sama dengan pertanyaan dari mas fery ya, tapi tidak ada pengaturan khusus di unit untuk hal tersebut, banyak faktor yang menentukan misalnya sinyal dan jaringan yang bisa mementukan speednya.

Anonymous said...

Hi, Saya sudah sukses internet sharing dengan O2 Zinc.
Saya pakai kartu IM2-3G.

Gimana caranya untuk memastikan , bahwa koneksi internetnya menggunakan GPRS / 3G.

Terima kasih atas pencerahannya

Anonymous said...

tampilan diatas sinyal akan menunjukan huruf G, E, 3G, H. Huruf G menggunakan koneksi GPRS, E untuk EDGE, 3G berarti koneksi 3G, H koneksi menggunakan HSDPA.

Ferro said...

Pak,nanya nih. Dgn handset saya (WM 6.1), saya bisa melakukan koneksi melalui HSDPA, kemudian saya coba ke laptop teman yg menggunakan vista. Saya dpt melakukan internet sharing tanpa masalah.
Tapi, pada saat saya internet sharing dgn laptop saya sendiri yg menggunakan Vista juga, koneksi dari handset dpt dilakukan tapi laptop saya tdk dpt mengakses internet. Yg terjadi browser selalu berusaha routing alamat yg saya tuju dan akhirnya gagal. Mohon bantuannya.. kira2 ada di mana masalahnya? Terima kasih sebelumnya.

Anonymous said...

coba di instal ulang Windows Mobile Device Centernya kemudian di coba lagi. setelah itu aktifkan dulu internet sharing di PDAnya, setelah aktif dan terkoneksi GPRSnya baru kemudian colok kabel datanya.

Anonymous said...

cara setting IM2 di )2 zinc gmn ya?
tolong donk

shadut said...

Start - Setttings - connections - connections - di My ISP add a new modem connection - ganti my connection jd IM2 - modem pilih celullar line ( gprs )- next - access point name isi dengan indosatgprs - next - user name isi dengan user name anda - password isi dengan password anda - finish - lalu coba lagi konek internet

Unknown said...

maaf bro semuah, kalo setting im2 di HTC touch gimana?
terima kasih

shadut said...

sama mas tiger caranya seperti jawaban pada comment saya sebelumnya

b4b3 said...

atom life wm 6 pro saya kok ga bisa connect ke pc ya baik vista maupun xp.. ga kebaca drivernya padahal sudah diinstall....
ada yang punya solusi..?


shofinurdin@gmail.com

shadut said...

coba dibaca artikel berikut http://shadut.blogspot.com/2008/10/tidak-bisa-syncronize.html

Andik said...

Boss mo nanya ne..!
bisa minta link untuk download driver modem buat di PC untuk O2 atom life. coz aq beli second. butuh drivernya untuk internetan di laptop.
thanks
-andik-

shadut said...

http://www.4shared.com/file/30378740/4f56d046/Driver_O2_Atom.html

Internet Marketing Action said...

thanks

Anonymous said...

bos.. aku udah cobain setting im2 di htc touch seperti yg bos jelasin, tapi kok belom connect juga ya.. knapa bos... tulungin atuh..

jibril said...

bos.. aku udah cobain setting im2 di htc touch seperti yg bos jelasin, tapi kok belom connect juga ya.. knapa bos... tulungin atuh..

shadut said...

klo im2, user name sama password nya pake user name sendiri, yang didaftarin di im2 nya. jangan pake yang standar operator.

Copyright © Shadut Blog | Powered by Blogger
| Blogger Theme by NewBloggerThemes.com